Kamis, 09 Juni 2011

Jamur Kuping Sebagai Obat



Auricularia ( jamur kuping, alias kuping tikus, kuping lowo, supa lember, kopeng tekos, he muk O ) umumnya tumbuh nebeng di kayu yang telah busuk. Tubuh buah duduk atau bertangkai pendek, berbentuk mangkok beraturan, biasanya berlekuk tak beraturan. Penampangnya beberapa sentimeter sampai 2 desimeter, kalau basah seperti agar agar, kalau kecil menjadi kerupang kecil, berwarna coklat tua atau hitam, kenyal seperti tulang muda.

Dalam catatan Tionghoa, jamur kuping ( He Muk O )ini semenjak purbakala telah digunakan untuk obat bagi wanita yang habis bersalin. Setelah memakan jamur kuping, sangat mujarab untuk menguras darah kotor, darah pembekuan dan membuat sirkulasi darah menjadi sempurna. Jamur ini juga bagus untuk wanita yang tidak tetap dating bulannya.

Baru baru ini ahli biologi Amerika, Prof Hermsmith dengan coleganya telah mengunjungi hongkong mempelajari kenapa sedikit sekali orang Tionghoa menderita penyakit jantung, disbanding dengan orang barat.

Dalam percobaan pemeriksaan darah yang dilakukannya terhadap sejumlah orang Tionghoa, ternyata dalam darah mereka terdapat darah pembekuan.
Setelah diteliti makanan mereka sehari hari, ternyata mereka sering memakan jamur kuping, sehingga membuat sirkulasi darah lebih bebas bergerak dalam pembuluh jantung. Pengetahuan jamur kuping ini dibawa mereka ke Amerika untuk dipelajari lebih mendalam.

Sebetulnya jamur kuping sungguh enak untuk dimasak dengan daging, tapi karena harganya sangat mahal, umumnya laris pada hari imlek saja. Sedangkan hari hari biasa hanya untuk makanan orang yang berada.
Tapi perlu diingat, bahwa jamur kuping hanya terbatas sebagai obat beberapa penyakit saja, antara lain : 
1. Darah tinggi, pembuluh darahmengeras ( jamur kuping 3 gram direndam semalam kemudian dimasukan dalam rantang, beri air ¼ rantang dan dikukus sampai lunak. Diberi gula batu secukupnya, sehari satu kali makan ).                                                                                                                     
2. Kurang darah ( jamur kuping 30 gram dicampur kurma merah (hung co) 30 buah, dimasak dengan air 5 gelas sampai tersisa 1 gelas, sehari satu kali makan.
3. Ambeien (  jamur kuping 30 gram, gula merah 60 gram, caranya seperti no. 2.
4. Menstruasi  tidak teratur, datangnya banyak, warna merah, kondisi kurang baik ( jamur kuping 60 gram diberi gula merah secukupnya, dimasak dengan air 5 gelas sampai tersisa 1 gelas, sehari satu kali makan.

Dengan memakan jamur kuping dapat juga untuk memperlancar buang air besar,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar